Beberapa Pertimbangan Dalam Pengiriman Barang


Peluang usaha jasa pengiriman barang – mungkin selama ini anda mengira dan melihat bahwa mengirim barang iti sangat mudah, tinggal masukkan dos, bungkus, beri tanda, dan beres namun pada kenyataannya pengiriman barang alias shiping ini sangat ribet loh, shiping ini harus memerlukan banyak persiapan, mulai dari memilih brang, membeli barang, mencarai atau membeli dos, memberikan identitas doss, packing, dsb. Untuk itu ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan sebelum melakukan pengiriman barang, setelah dan menunggu pengiriman barang datang.

1. Sebaiknya pisahkan barang yang akan di kirim
    hal ini sangat penting karena untuk mencaro dan menyiapkan berapa banyak dus yang akan di gunakan dalam memasukkan barang tersebut, namun jika anda ingin mengirim paket melalui shiping ada baiknya jika mempertimbangkan terlebih dahulu batas wajtu pengiriman tersebut.

2. Carilah informasi yang berkaitan dengan penyedia jasa pengiriman barang
    biasanya informasi yang di perlukan seperti biaya pengiriman barang, mengetahui collection free, mengenal system dan tata cara pengiriman barangnya, mengetahui jumlah biaya yang terkait lainnya dan memahami masalah pajak dalam pengiriman barang tersebut.

3. Pengemasan
    untuk pengemasan atau packing ada baiknya jika anda dapat memilih dan memahami fungsi dari dus yang tebal dan sedang guna untuk menjaga perlindungan barang kiriman anda dan juga bisa mengatisipasi terjadinya kerusakan pada barang tersebut.

4. Pahami Dokumen dan Dokumentasi
    ini sangat penting dalam pengiriman karena ada banyak file yang harus anda isi dan ketahui seperti mengisi formulir pengirim, melengkapi dokumen pendukung lainnya ( copy paspor Indonesia,memotret dus yang sudah di packing dan di tandai, menyiapkan arsip 2 copyan, dan menyiapkan tanda terima untuk mencegah jasa penyedia yang lupa membawa kuintansi).

5. Mengkonfirmasi Kedatangan Barang
    sebaiknya anda mencatat email dan nomor telepon penyedia jasa di UK dan rekanan mereka gunanya untuk meminta informasi kedatangan barang anda, complain, dll.


Semoga bermanfaat dan terima kasih, 
Previous
Next Post »