Mengenal Fungsi VPN dan Cara Kerjanya

Cloud Computing Indonesia - Kalau kalian sedang mengunjungi situs terlarang dan diblokir pemerintah pasti menggunakan VPN. Seperti situs konspirasi, situs download file terfavorit (Kickass Kat, Piratebay, dan lainnya), dan terkadang situs - situs yang kontennya vulgar serta ilegal. Kalau kita menggunakan VPN, pasti situs yang terblokir tadi bisa diakses. Tapi, ada yang tahu apa itu VPN? Mungkin VPN masih terdengar asing bahkan tidak dikenal oleh orang awam. Namun melihat dari banyaknya orang yang sering menggunakan VPN, ternyata VPN itu benar - benar sangat berguna. Namun apa kalian tahu apa itu VPN dan bagaimana cara kerjanya? CEKIDOT!!



1. Definisi VPN & Fungsinya



Virtual Private Nerwork atau VPN adalah sebuah koneksi private melalui internet dan bersifat virtual (maya). Jaringan ini disebut Virtual Private Network  karena tidak semua orang bisa mengaksesnya dan data yang dikirimkan terenkripsi agar tetap rahasia meskipun melalui internet. Jika menggunakan VPN kita seolah-olah membuat jaringan didalam jaringan atau biasa disebut tunnel (terowongan). VPN menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada yaitu: PPTP, L2TP dan standar terbaru, Internet Protocol Security (biasa disingkat menjadi IPSec). VPN merupakan kolaborasi antara teknologi tunneling dan enkripsi


Selain itu, diperlukan penerapan teknologi tertentu agar walaupun menggunakan internet tetapi traffic (lalu lintas) antar remote-site tidak bisa disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalam remote-site.

VPN bekerja pada topologi yang berbeda dan lebih rumit dari jaringan point to point. Fungsi utama VPN adalah memberikan koneksi yang sangat aman antara jaringan pribadi yang terhubung melalui internet. Hal ini memungkinkan remote komputer bertindak seolah-olah berada di jaringan LAN.

VPN cukup populer di masa lalu karena tidak hanya menurunkan biaya tetapi juga meningkatkan dan memperluas kemampuan jaringan. Karena VPN juga dapat menghubungkan karyawan dari mana saja di dunia ke jaringan komputer perusahaan dan mereka dapat tetap terkoneksi ke jaringan intranet perusahaan.

Fungsi dari VPN antara lain, yakni:

  1. Dapat mengakses situs dan konten yang diblokir serta disensor oleh pemerintah maupun ISP.
  2. Melindungi kita dari target para hacker.
  3. Bisa menjelajah internet (browsing) secara tidak terlihat (anonymous).
  4. Melindungi data - data kita karena sudah terenkripsi.
  5. Meningkatkan kecepatan download file kita di internet karena VPN bersifat pribadi (private).

2. Cara Kerja VPN

VPN merupakan sebuah konsep jaringan yang dapat menghubungkan beberapa LAN yang letaknya berjauhan, media yang digunakan adalah media jaringan publik seperti kabel telepon, kabel fiber optic dan lain sebagainya. Dengan adanya VPN, kita dapat membuat jaringan dalam jaringan, yang biasa disebut Tunnel (terowongan), dan melakukan proses Tunneling atau membuat jalur pribadi yang menggunakan infrastruktur pihak ke tiga.



  • VPN memerlukan server yang memiliki fungsi sebagai penghubung antara komputer , disini bisa berupa komputer yang menggunakan aplikasi VPN server atau bisa juga menggunakan Router seperti Mikrotik RB 750. 
  • Agar bisa terkoneksi, komputer dengan aplikasi VPN Client mengontak Server VPN, VPN Server kemudian memverifikasi username dan password dan bila berhasil maka VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi/tunnel akan terbentuk.
  • Lalu berikutnya komputer client bisa digunakan untuk mengakses berbagai macam data (komputer atau LAN) yang berada dibelakang VPN Server misalnya melakukan transfer data, mencetak dokumen, browsing dengan gateway yang diberikan dari VPN Server, melakukan remote desktop dan lain sebagainya.

Itulah apa yang yang dimaksud VPN beserta fungsi dan cara kerjanya. Cukup menarik, bukan? Banyak orang yang menggunakan VPN dewasa ini, namun kalangan yang menggunakan VPN kebanyakan adalah perusahaan - perusahaan besar yang ingin datanya terjamin dan aman. Para hacker juga sering menggunakan VPN, tapi bukan berarti itu membuat VPN tidak aman. VPN adalah koneksi yang membuat jaringan pribadi kita aman saat menjelajah internet yang bersifat publik. Dengan begitu, IP Address beserta lokasi geografis kita takkan terlacak oleh ISP dan privasi kita akan lebih terjamin. 

Demikian, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »