5 Cara Jitu Menghemat Hardisk!!

IT Solution Indonesia –  Hardisk penuh? Memori penuh? Sudah tidak ada lagi tempat penyimpanan yang tersedia? Biasanya karena terlalu banyak film, aplikasi atau software, dan game. Tidak lupa juga virus pun bisa menyebabkan hardisk penuh. Jangan kuatir, semua orang pernah mengalami ini. Ada 5 cara yang bisa kita lakukan supaya hardisk menjadi hemat. CEKIDOT!!

1. Uninstall Aplikasi/Software yang Tidak Dibutuhkan



Beberapa aplikasi dapat menyebabkan hardisk kita menjadi penuh dan bisa membuat memori menjadi lemot. Kalau sudah begitu, alangkah baiknya kalau aplikasi itu dihapus. Daripada memakan memori hardisk dan RAM, sebaiknya diuninstall. Terkadang aplikasi yang ukurannya terlalu besar bisa menyebabkan potensi virus berkembang biak tanpa kita sadari.

2. Waspada Virus StuxNet


Virus ini sangat berbahaya. Karena sifatnya seperti amoeba, yaitu berkembang biak dengan membelah diri. Namun sekali menginfeksi komputer, dia akan terus – terusan memperbanyak dirinya sampai hardisk kita menjadi penuh. Bahkan walaupun semua file sudah kita hapus, dia tetap saja berkembang biak. Jika bingung, gunakan Dr Web Curelt, aplikasi ini dapat membantu untuk menghilangkan virus StuxNet.

3. Hapus File yang Tersisa di Recycle Bin


Ini juga merupakan salah satu hal penting. Hapus file – file yang sudah tidak berguna, apalagi jika file itu ukurannya besar. Jangan biarkan sampah kita menumpuk. Ingat, buang dan hapus. Hapus secara permanen.

4. Gunakan Hardisk Eksternal


Ini direkomendasikan bagi kalian yang punya software – software atau file – file yang berukuran besar . Jika kalian tidak ingin membuat hardisk internal penuh, alangkah baiknya kalian menggunakan hardisk eksternal. Harga hardisk eksternal biasanya berkisar antara Rp500.000,00 – Rp1.000.000,00. Mungkin di toko online akan lebih murah. Ini lebih baik daripada kalian harus menghapus file penting kalian.

5. Arsipkan File Penting yang Ukurannya Besar


Nah, ini. Banyak tidak tahu soal cara ini, padahal ini termasuk cara yang paling efektif. Dengan mengarsipkan folder kita menggunakan WinRar, kita bisa menghemat ruang penyimpanan hardisk kita. Cara mengarsipkan sebuah folder adalah klik kanan folder lalu pilih Add to archive. Pada window parameter, buka compression method dan pilih Best. Anda dapat memberikan opsi Delete files after archiving untuk menghapus file secara otomatis setelah diarsip.

Itulah 5 cara untuk menghemat hardisk kita. Sebenarnya masih banyak cara lain untuk mengatasi hardisk yang penuh, seperti menggunakan Cloud Storage, aplikasi pembersih virus, dan lain – lain. Demikian, semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »