5 Tips Untuk Memulai Bisnis Waralaba

Waralaba Ekspedisi - Ada berbagai macam bisnis waralaba yang bisa kamu jalankan sebagai usaha. Mulai dari fashion, kuliner, salon, cafe dan lain sebagainya. Namun, jika kamu masih belum yakin akan bisnis ini di bawah ini ada beberapa tips yang meungkin bisa meyakinkan kamu untuk memulai bisnis waralaba.



1. Tentukan Minat dan Passion

Sebagai pebisnis kamu harus mencintai bisnis yang sedang kamu jalankan atau yang sedang kamu usahakan. Dengan mencintai pekerjaan kamu sebagai pebisnis maka bisnis yang kamu jalankan akan mudah kamu jalani. Untuk mencintai pekerjaan kamu sebagai pebisnis, bisnis tersebut haruslah yang sesuai minat dan passion kamu. 
Misalnya kamu punya minat dalam bidang kuliner dan kamu juga bisa memasak serta mengetahui berbagai macam bumbu dan makanan tidak ada salahnya kamu membuka bisnis di bidang kuliner karena sesuai minat dan passion yang kamu punya.

2. Persiapkan Modal

Modal tidak selamanya menentukan kesuksesan bisnis waralaba yang kamu jalani. Kesuksesan bisnis ditentukan dengan seberapa kreatif dan inovatif usaha anda serta seberapa banyak respon dari konsumen. Modal untuk bisnis waralaba ada yang sedikit ada yang banyak juga. 
Anda juga harus menyesuaikan modal dengan usaha waralaba yang anda pilih. Misalkan untuk bisnis waralaba kuliner, modal yang dibutuhkan agak banyak daripada usaha salon dan itu juga harus sesuai dengan minat dan passion anda.

3. Kenali Produk/Brand dan Ketentuan Fee

Brand atau produk yang akan anda jual sebaiknya memiliki reputasi yang baik di masyarakat agar produk anda dapat diterima oleh para konsumen. Misalkan untuk bisnis waralaba salon, gunakan peralatan dan bahan perawatan yang berkualitas dan bagus untuk pelanggan salon anda. Selain itu masalah fee yang akan anda bagi dengan franchisor ( pemberi waralaba ) harus anda pelajari karena setiap franchisor memiliki aturan sendiri dalam pembagian fee.

4. Lokasi Usaha Strategis 

Lokasi usaha juga perlu diperhatikan dengan target dan kebutuhan konsumen. Jika target anda adalah anak sekolahan atau remaja sebaiknya pilih lokasi sekolahan atau tempat dimana biasa anak sekolahan ada seperti tempat nongkrong atau taman kota. Selain itu jika dana yang ada tidak cukup untuk membeli lahan usaha anda dapat menyewa terlebih dahulu.

5. Fokus dengan Tujuan Bisnis

Dalam berbisnis, fokus dengan tujuan adalah hal yang utama. Jangan terlalu banayk mebuang waktu untuk hal yang tidak penting dan pertimbangan. Yang harus anda lakukan adalah perencanaan dantindakan. Tindakan yang anda awali haruslah sesuai dengan rencana agar anda dapat mencapai tujuan anda. Perjuangan anda dalam mencapai tujuan anda akan membawa anda meunuju kesuksesan dalam berbisnis.

Nah, 5 tips di atas merupakan tips untuk memulai usaha waralaba. Jika da yang kurang mohon dimaafkan sekian dari artikel ini saya tulis semoga bermanfaat.
Latest
Previous
Next Post »