Ini Manfaat Dan Jenis Layanan Cloud Server Atau Computing



Pada dasarnya, cloud server indonesia atau server awan Indonesia menjadikan awan atau internet sebagai server yang merupakan pusat seluruh penyimpanan dan pengelolaan data yang dibutuhkan oleh penggunanya. karena cloud server cukup di minati berbagai kalangan yang membutuhkan sistem berteknologi canggi yang berguna untuk mengamankan data dan mengoptimalkan kebutuhan yang lainnya. namun apakah kalian tahu maksud dari atau pengertian cloud server itu sendiri? cloud server merupakan sebuah layanan teknologi yang menggabungkan antara komputer dengan suatu jaringan berbasis internet. dengan fungsi utamanya untuk menjalankan berbagai program dari sebuah komputer dengan menggunakan akses internet.



Berdasarkan penjelasan diatas, kalian dapat menyimpulkan bahwa ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari layanan cloud server ini, diantaranya adalah :

Pertama: Manfaat Cloud Server / Computing yaitu untuk mempermudah infrastruktur. Suatu sistem informasi dan data perusahaan membutuhkan pengaturan atau manajemen infrastruktur IT yang baik, dengan menggunakan cloud computing maka perusahaan tidak perlu lagi khawatir memikirkan hal tersebut. Karena penyedia layanan cloud computing telah menyediakan service untuk urusan manajemen infrastruktur sehingga perusahaan hanya tinggal menggunakan layanan cloud computingnya.

Kedua: Manfaat Cloud Server / Computing untuk mengurangi risiko. Dalam hal ini perusahaan dituntut untuk selektif memilih layanan cloud computing yang benar-benar bisa dipercaya. Dengan memakai fasilitas dari penyedia layanan cloud computing yang terpercaya maka perusahaan terbantu dalam mengurangi risiko kengilangan data, dan risiko pemeliharan server. Selain itu misalnya apabila teknisi IT perusahaann pindah tempat kerja, maka secara otomatis berpengaruh pada pemeliharan aplikasi. Solusi yang ditawarkan cloud computing adalah mengurangi tingkat risiko tersebut, semua kebutuhan secara lengkap tersedia di server cloud dan semua terintegrasi.

Ketiga: Memangkas biaya IT. Suatu aplikasi atau penyimpanan data membutuhkan perangkat khusus yang mampu melayani banyak permintaan secara bersamaan. Maka untuk keperluan tersebut dibutuhkan komputer server, dan komputer server memiliki harga yang relatif lebih mahal dibanding komputer biasa untuk user. Selain itu diperlukan juga biaya perawatan server dan aplikasi. Dengan hanya memakai layanan cloud computing perusahaan bisa memangkas biaya yang relatif tinggi tersebut.

Keempat: Manfaat terakhir cloud computing yaitu mendukung segi praktis. Teknologi IT sekarang ini dituntut untuk bisa permintaan yang beragam hingga melayani masing-masing kebutuhan perusahaan dan sekaligus dituntut untuk lebih sederhana dalam penggunaan, biaya, waktu dan infrastruktur. maka dari itu penggunaan cloud server / cloud computing sangatlah dibutuhkan.

Adapun jenis layanan dari cloud server yang perlu kalian ketahui, diantaranya adalah :

1.    Infrastructure as a Service (IaaS)

Ini adalah sebuah layanan yang “menyewakan” sumberdaya teknologi informasi dasar, yang meliputi media penyimpanan, processing power, memory, sistem operasi, kapasitas jaringan dan lain-lain, yang dapat digunakan oleh penyewa untuk menjalankan aplikasi yang dimilikinya. Model bisnisnya mirip dengan penyedia data center yang menyewakan ruangan untuk co-location, tapi ini lebih ke level mikronya. Dan, bagi pengguna layanan ini juga tidak perlu tahu bagaimana dan mesin apa yang digunakan oleh penyedia.

2.    Platform as a Service (PaaS)

Untuk layanan ini, penyedia memberikan layanan yang menyediakan modul-modul siap pakai yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat dioperasikan dalam platform tersebut. Pengguna PaaS tidak memiliki kendali terhadap sumber daya komputasi dasar seperti memory, media penyimpanan, processing power dan lain-lain, yang semuanya diatur oleh provider layanan ini.

3.    Software as a Service (SaaS)

Layanan ini merupakan layanan Cloud Computing yang paling dahulu populer. Software as a Service ini merupakan evolusi lebih lanjut dari konsep ASP (Application Service Provider). Sesuai namanya, SaaS memberikan kemudahan bagi pengguna untuk bisa memanfaatkan sumberdaya perangkat lunak dengan cara berlangganan. Sehingga tidak perlu mengeluarkan investasi baik untuk in house development ataupun pembelian lisensi. Dengan cara berlangganan via web, pengguna dapat langsung menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh penyedia layanan.

Demikian ulasan mengenai manfaat dan jenis layanan dari cloud server atau computing, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »